Config – General
pada pengaturan ini sebenarnya ga banyak yang sebaiknya dirubah default sudah cukup bagus.
- enable dual core –> pastikan aktif jika menggunakan cpu multicore, big speedup ^_^
- idle skipping –> pastikan aktif, nih fungsinya untuk skip instruksi idle emulasi wii, another big speedup. kecil banget kemungkinan bikin masalah, hanya disable kalo emang game yang dimaenin perlu ini mati
- enable cheat –> ga ada hubunga ama performa, cuman masalah cheat doang. tapi perlu diperhatikan, enable cheat memiliki kemungkinan besar bikin problem di kompabilitas atau glitch
- advanced setting –> biarin default kek gini aja, nih pilih metode emulasi. rekomendasi memang pake JIT (just In Time recompiler) yang emang cepet sebagai info tambahan aja, itepreter tuh translate code game ke bahasa yang dinegrtiin pc, lalu diekekusi. kalo recompiler, compile code game trus eksekusi. lengkapnay cek wikipedia aja ya.
- lock threads to cores –> mengunci tiap thread proses hanya make 1 core spesifik. bisa jadi mempercepat, bisa juag memperlambat, tergantung game hardware. sebaiknya matiin aja, atau silahkan bereksperimen
- DSPLLE on threads –> cuman berhubungan kalo make plusin DSP LLE, ntar DSP bakal pake thread khusus, peningkatan performa dikit tapi sync audio jadi jelek dan ada skip. disable aja, lagian plugin DSP enakan yang HLE
General – Plugin
tab ini untuk pengaturan pugn yang digunakan. untuk revisi2 baru, hanya tersedia 2 area yang memerlukan plugin, yaitu graphic dan DSP.- graphics –> pilihan untuk plugin grafis yang akan digunakan. terdapat beberapa pilihan secara default. pilih salah satu plugin yang sesuai dengan limitasi OS dan hardware kamu. untuk linux otomatis cuman bisa make openGL dan software renderer, sedangkan windows bisa memilih opsi directX selain 2 opsi diatas. plugin directX untuk dilphin cenderung lebih cepat, jadi jika memungkinkan, pilih pugin ini. biasanya hanya beberapa game tertentu yang berjalan lebih baik menggunakan openGL. untuk directX terdapat pilihan DX11 dan DX9, gunakan DX11 jika gpu mendukungnya. terakhir sih plugin DX9 masih lebih advance dibandingkan perkembangan plugin untuk DX11, tapi dah agak lama juga, jadi silahkan bereksperimen sendiri dengan DX11. ku ga bisa nyoba, GPU laptopku cuman DX10 perlu diperhatikan, untuk plugin openGL, memerlukan GPU dengan dukungan openGL 2.x
- DSP –> plugin yang mengurusi masalah suara. silahkan pilih yang sesuai. secara umum DSPHLE udah bagus. DSPLLE memerlukan dump rom DSP dari wii.
Graphics – general
perlu diperhatikan, ini adalah tampilan setting dari plugin directX 9. untuk plugin yang lain, mungkin ada beberapa fitur yang tidak aktif. yang aku bahas uang setting general aja yah, setting advanced isinya lebih ke disable beberapa fitur yang bakal mengurangi kenikmatan bermain, dan sebaiknya memang ga dirubah / diaktifkan (ga mau maen mode wireframe atau tanpa effek / texture kan ?).- adapter –> keknya udah cukup jelas, pilih GPU yang digunakan untuk proses rendering. kalo cuman ada 1 GPU aktif/nancap sih pilihan ya cuman 1 aja, kalo ada yang lebih, bisa pilih GPU yang akan digunakan untuk dolphin.
- aspect ratio –> aspek rasio output, lebih baik biarin di auto aja
- widescreen hack –> memperluas FOV game2 3D yang sebenarnya ga make format widescreen, terutama untuk maen game gamecube di layar wide nih. imho, sebaiknya off aja, kadang bikin display yang kacau di area yang diperlebar.
- v-sync –> gpu bakal nunggu image selesai ditampilkan penuh sebelum ngirim image baru ke display. fungsi utama untuk ngilangin tearing. kalo gpu atau setting laen bikin dolphin ga bisa render image sesuai frekuensi layar, setting ini justru bisa bikin lambat. biarin off aja dulu, kalo emang terjadi tearing, baru coba aktifkan.
- anisotropic filtering –> pake filter aniso untuk texture, terutama untuk texture yang makin jauh. sebaiknya aktifin aja, toh penalti aniso kecil banget ko’ (kalo pake discrete GPU)
- anti-aliasing –> dolphin make SSAA, alias super-sampling Anti-aliasing. jadi dolphi ngerender frame pada reoslusi beberapa kali (sesuai setting) resolusi yang ada di pengaturan resolusi. setelah itu dikecilin ke target reoslusi yang diatur user. hal ini dimaksudkan untuk menghiangkan jaggies dan memperhalus image. saranku, kalo GPU kamu bagus, ga ada salahnay diaktifkan, kalo ngga, mending off aja. pake setting laen aja untuk maen sesuai resolusi native layar, juga udah mayan alus ko’. sebagai catatan, kalo pake SSAA 4 kali, untuk setting 1280×720 berarti image akan di render di resollusi 4x 720p. penalti performance terlalu berat untuk gpu low end.
- load native mipmaps –> game akan menggunakan texture mipmaps native. beberapa efek memerlukan opsi ini nyala, jadi biarin aja. tapi bisa juag didisable untuk sedikit performance boost, cuman ga terlalu worth, dan bisa bikin efek bersangkutan ga nongol.
- EFB scaled copy –> scale EFB ke resolusi yang lebih tinggi. detail bisa diatur lagi pake opsi EFB scale. biarin ini aktif, penting untuk maen game wii agar lebih bening di resolusi yang jauh diatas resolusi native wii (480p)
- pixel lighting –> perhitungan pencahayaan dilakukan per-pixel da bukan per-vexel. hasil menjadi lebih akurat, tapi ada performance hit.
- force bi/trilinear filtering—> memaksa filtering. berguna meningkatkan game2 2D atau yang make bakground pre-rendered. bisa bikin glitch untuk game2 laen, ga terlalu worth untuk diaktifin.
- 3D vision –> perlu dijelasin ??? bener2 ga penting dan performance hit sangat besar. jangan dicoba kalo ga make GPU nvidia high end
- EFB scale –> Scale efb (embedded frame buffer) ke resolusi yang lebih tinggi. bikin game jadi lebih “bening” dengan maen di resolusi lebih tinggi. bisa di set manual (1x, 2x, 3x). makin tinggi setting resolusi, makin besar juga yang diperlukan di setting ini. integral akan secara otomatis mengatur nilai menjadi 1x 2x atau 3x berdasarkan setting resolusi. Fractional akan mengatur ke nilai yang lebih presisi (misal 2.3048950359) berdasarkan resolusi yang sedang dipakai untuk mendapatkan scaling yang sempurna (dibandingkan resolusi native game/wii). performance hit opsi ini berbanding lurus dengan nilai setting, makin besar setting, makin besar juga performance hit. jadi sesuaikan dengan GPU kamu yah kalo GPU kuat dan pengen maen di 1080p, setting tinggi (atau ku rekomendasi ke integral/fractional aja) biar gaming jadi lebih halus dan bening, berasa Wii HD dah. kalo ga kuat, set ke 1x aja juga gpp, kalo maen di resolusi gede pake setting 1x jadi berasa kek maen wii beneran di TV LCD/LED yang gede, rada2 blurry gitu. ini ada gambar untuk kira2 perbandingannya. kalo ku pake integral (kanan) dan 1x (kiri), keduanya maen di kira2 resolusi 720p (ga fix karena aku maximise aja di layar laptop)
- enable EFB <—> CPU access –> mengijinkan CPU mengakses EFB. diperlukan untuk beberapa game, kek super mario galaxy yang memerlukan ini untuk ngambil bintang pake pointer/wiimote. ada sedikit performance hit jika diaktifkan. sesuaikan dengan kemampuan hardware, biarin nyala kalo hardware kuat.
- emulate format change –> data akan diintepretasi ulang jika formal berubah, beberapa game perlu ini. silahkan di sesuaikan ama kasus kamu. tapi penalti kecil atau bahkan ga ada sama sekali. oia, di plugin openGL, setting ini otomatis disable/ga bisa diakses.
- EFB copy –> proses bikin dan kopi EFB, ada 2 pilihan, EFB to texture yang akan mengkpi EFb sebagai texture dan EFB to RAM yang mengkopi EFB ke RAM sistem sebagai framebuffer object. dengan opsi To RAM, hasil jauh lebih baek, hampir semua efek dapat ditampilkan tapi lebih lambat, karena data harus didecode lagi sebelum dikirim ke VRAM. sedangkan to Texture akan lebih cepat, tapi beberapa akan mengalami masalah seperti efek yang ngga muncul, atau texture yang ngga muncul. sebagai default, aku saranin EFB to Texture, pindah ke EFB to RAM hanya jika game memerlukan.
- enable cache –> bikin cache untuk EFB. hanya berlaku untuk opsi EFB to RAM. jika data texture ga berubah, langsung pakai cache, jadi bias memperisngkat waktu tanpa harus decode ketika data pindah dari RAM ke VRAM. ada peningkatan kecepatan, tapi bisa bikin glitch juga. kalo perlu EFB to RAM coba aktifin cache ini, kalo ada glitch, baru matiin.
- accurate texture cache –> tracking texture berdasarkan value pixel dari texture, sehingga bisa menjadi lebih akurat tapi ada performance hit. beberapa game butuh ini untuk bisa tampil dengan normal. ada 3 pengaturan, pengaturan cepat untuk hasil lebih cepat dengan lookup lebih sedikit (tapi ada potensi error) atau lookup lebih banyak yang lebih lambat tetapi lebih aman. jika memang harus mengaktifkan opsi ini, coba pake opsi normal aja dulu. kalo muncul problem baru coba safe.
DSP HLE
Plugin DSP berhubungan dengan emulasi audio. secara default ada 2 plugin, HLE dan LLE. yang membedakan adalah, pada LLE, user memerlukan dump ROM DSP dari wii,s edangkan HLE tidak.
- enable HLE audio –> aktifkan emulasi audio meggunakan HLE, untuk suara dan efek. kalo didisable, ada performance boost sih, tapi masa maen tanpa suara ^_^
- enable DTK music –> emulasi untuk format musik, kek bakcground music.
- enable audio throttle –> menyesuaikan speed emulasi dengan sound, agar sync dan ga terlalu cepat/lambat. tapi bisa bikin noise. ku sih lebih sering matikan dan pake patokan setting Framerate sih. untuk new super mario bros, matikan opsi ini, kalo ngga ntar in game (level) terlalu lambat, karena jadi nge render di 30 fps
so kira2 itu pengaturan2 yang penting untuk diperhatikan dalam dolphin. screenshot2 diatas adalah setting yang aku pake di laptopku. so far so good, game2 yang aku maenin lancar. selamat menikmati
P.S : menikmati wii games di laptop menggunakan wiimote ^_^
Gimana tertarik ? silakhan di download .. Emunya ..
Link Download :
No comments:
Post a Comment